Ciri Sikap Orang Berbohong

adminYang Nulis Si ALvin ALvyo

Seringkali kita merasa sakit hati jika seseorang berbohong pada kita dan kita kadang sering bertanya 
“kenapa si dia berbohong? Kok bisa saya dibohongi seperti ini?” 
dan banyak lagi kalimat-kalimat heran bercampur sakit hati karna dibohongi.

Nah saya akan coba berbagi pengetahuan bagaimana ciri-ciri atau karakteristik orang yang sedang berbohong. Ini penting, soalnya dengan begitu kita akan sadar bahwa pada saat itu kita sedang dibohongi. Jadi sobat bisa secara langsung atau tidak langsung mengambil sikap terhadap orang yang sedang mencoba berbohong dengan sobat.

Mau tau?? Ok, Ciri-Ciri orang sedang berbohong menurut saya adalah:

1. Menyentuh Wajah

Hal yang paling umum saat seseorang berbohong adalah dengan menyentuh wajah mereka. Terutama dua bagian yaitu mata dan hidung.

Saat seseorang berbicara dengan menggosok-gosok matanya tanpa alasan yang jelas dan masuk akal, percayalah dia ingin menghindari kontak mata dengan sobat. 100% yakinlah bahwa dia sedang berbohong. Kecuali jika memang ruangan penuh debu, bisa jadi mata orang itu memang kemasukan debu.

2. Perubahan Suara dan Menjawab Terlalu Berhati-Hati

Ciri-ciri pembohong bisa di dengar dari nada bicaranya, jika sedang meninggi, artinya sebuah dusta sedang diceritakan. Selain itu lihat juga suaranya yang tegang dan jeda antar kalimat berlangsung lama, terbata-bata, Itu bisa dipastikan deh sedang berbohong.

Hal-hal di atas selain karena tegang mereka juga mengulur-ngulur waktu untuk menyusun jawaban yang rasional. Sehingga selalu menjawab pertanyaan dengan berhati-hati.

3. Menggaruk-Garuk

Cara paling gampang mendeteksi kebohongan adalah melalui gerakan tangan. Kebanyakan pembohong tidak banyak menggerakkan tangan saat mereka melakukan aksinya. Tapi ada satu yang sering mereka lakukan yaitu menggaruk. Biasanya lima kali saling susul mereka menggaru-garuk bagian tubuhnya. Hal ini dikarenakan stimulasi dari menggaruk membuat orang tersebut mampu mengurangi kegelisahan hatinya saat berbohong

4. Gerakan Kaki

Coba anda perhatikan saat seseorang yang sedang berdiri, lihatlah saat kaki mereka mulai mengetuk ke tanah. Sudah pasti mereka sedang menjadi pembohong

Dan Juga ...

Saat Pembohong sedang duduk, Maka kemungkinan besar dia akan mengayun-ayunkan kaki mereka. Sama juga maksudnya adalah untuk mengurangi kegelisahan di hatinya.

5. Senyum Terpaksa.

Andaikata teman sobat menyeringai maka itu adalah senyum palsu dan menunjukkan sebuah kebohongan. Karena senyum yang sebenarnya saat sebuah senyum merebak ke seluruh wajah dan mengeriputkan/mengecilkan kelopak mata.

6. Menghindari Kontak Mata

Seorang yang berbohong tanpa disadari oleh pelaku sendiri dia tidak mampu untuk melakukan kontak mata terhadap sobat terlalu lama, walaupun si pelaku berusaha pada awalnya melakukan kontak mata saat berbicara kepada sobat, tapi perhatikanlah, dia akan sering kali melayangkan pandangannya ke arah lain saat berbicara pada sobat, entah itu menatap ke meja, sambil melihat orang lalu lalang, atau apa saja yang bisa dia lihat selain mata sobat.
Reaksi mata memang bagian terpenting yang dapat mengungkap kebohongan seseorang selain dari sikap dan tingkah laku pelaku kebohongan tersebut.

7. Gelisah

Nah inilah hal yang paling dapat kita tebak bahwa orang tersebut apakah berbohong atau tidak. Sikapnya tidak tenang, sering menggerakkan tubuhnya dan tidak bisa diam hanya dalam satu sikap, telapak tangan kadang berkeringat, atau ada saja yang dia lakukan selama berbincang, entah memainkan garpu atau sendok saat berada di rumah makan, sambil memainkan hape atau apapun yang dapat menyimpulkan orang tersebut sedang gelisah.


Semua ciri-ciri orang berbohong tersebut tidak bisa berdiri sendiri, biasanya ada kombinasi dari sikap-sikap tersebut.

Nah, bagaimana jika tidak ada satu pun menurut sobat sikap di atas yang ditampilkan oleh pelaku kebohongan tersebut, sehingga dia sukses membohongi sobat?? 

Jangan khawatir, hal itu sebenarnya adalah karena sobat luput memperhatikan hal-hal kecil yang mungkin mencirikan dia sedang berbohong, entah si pelaku terlalu pintar berbohong atau sobat yang terlalu menyimak kalimat-kalimat “bohong” si dia sehingga sobat tidak memperhatikan sikap si dia.

Memang tidak bisa secara gampang menebaknya walaupun kita sudah mengetahui garis besar ciri-ciri orang berbohong, itu semua butuh pengalaman yang banyak menghadapi orang banyak dalam menerka sikap seseorang untuk dikategorikan berbohong. 

Intinya perhatikan hal-hal yang kecil sekalipun sikap berbeda yang tidak biasa si dia lakukan lalu silahkan analisis menurut logika dan pengalaman sobat sendiri dan jangan lupa perhatikan situasi, kondisi,topik obrolan dan lainnya.

Nah apakah sobat mengetahui ada ciri-ciri lain yang bisa ditambahkan selain di atas?? Silahkan berkomentar yaa… ^^
Atau sobat ingin tahu cara membaca pikiran orang lain dan membaca kepribadian

orang lain?
silahkan baca artikelnya..

Semoga artikel ini bermanfaat
Jika sobat merasa artikel Ciri Sikap Orang Berbohong ini bermanfaat, silahkan Copas artikel ini, tetapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya seperti ini : Source:http://alvinarea.blogspot.com/2011/07/ciri-sikap-orang-berbohong.html.Saya lebih berterimakasih lagi jika sobat mau mencantumkan link hidup seperti ini : Source: http://alvinarea.blogspot.com/2011/07/ciri-sikap-orang-berbohong.html.Mohon dimengerti agar maraknya copas tanpa link sumber mereda, terima kasih.

Artikel Menarik Lain!

3 komentar

saryadinilan mengatakan...

lebih baik menjadi orang yang apa adanya,ada peribahasa berkata,sepandai-pandai tupai melompat ada kalanya terjatuh juga,salam love,peace and gaul.

ALvin ALvyo mengatakan...

@saryadinilan
bener mas.. setuju, sepandainya orang berbohong pasti bau busuknya bakal tercium pula.. :)
makasih mas..

Dewi Ayu Nurwulan mengatakan...

Kesel kalo di bohongin ituuu bikinn jadi illfeelll

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar apa saja yang terkait pada artikel ini. Terima Kasih.