Membaca Kepribadian Orang Lain??

adminYang Nulis Si ALvin ALvyo

Inilah pertanyaan2 yang sering dialami oleh diri saya pribadi maupun sebagian mahasiswa psikologi, Biasanya berhubungan dengan membaca kepribadian orang lain di tema zona psikologi ini.


“Bisa baca orang yaa? Coba liat tu orang gimana kepribadiannya?”(sambil nunjuk orang gag di kenal)

Reaksi saya:

“hahaha…….. baca apaan nih? Apa yaa? Emangnya saya dukun?? ;p ”

Penjelasan:

Manusia bukan sekedar seperti buku yang dengan gampang bisa kita buka dan baca begitu kita melihat dia. Manusia tu complex dengan segala keunikannya, manusia A jelas berbeda dengan B, C dan seterusnyaa… Memang dengan ilmu psikologi kita bisa mengkategorikan kepribadian. Tapi kategori itu tidak mutlak, setiap orang punya ciri khas pribadi masing-masing. Saat kita pertama kali melihat seseorang (hallo effect) yang pertama kali mungkin bisa ditebak adalah dari segi penampilannya, cara berbicaranya, atau dari cara dia berperilaku. TAPI TIDAK MUTLAK BENAR.

Ada kalanya seseorang berperilaku sesuai dengan suanana hatinya saat itu, bila orang itu berpakaian rapi, raut wajah dan tingkah laku terlihat gembira. Bagaimana kita bisa menebak pribadi orang tersebut dengan Cuma sekali pandang?? Apa dia tipe orang easy going? Kharimatik? Pendiam??Pemarah??. jawaban saya -> Ya gak bisa lah!

Membaca kepribadian seseorang di awal harus dilalui dengan observasi lebih lanjut, tidak bisa hanya dengan sekali lihat. Ini juga tergantung situasi yang ada disekelilingnya. Banyak sekali pertimbangan2 yang dapat kita observasi. Contohnya ada seorang cowok yang lagi bicara dengan cewek di depannya. Cowok itu berpenampilan rapi atau menarik, memakai minyak wangi (bukan pengharum ruangan loh ya? ;p) , lalu berbicara atau menyimak pembicaraan dengan selalu menatap lawan jenis di depannya dengan pandangan yang penuh chemistry, berperilaku sesuatu untuk menarik perhatian lawan bicara di depannya, dan berbicara dengan lawan jenisnya seolah2 mereka sudah saling mengenal lama, saling tertawa, pembicaraan seolah seru atau menarik….

Coba tebak, apakah dia:

1.Cowok yang cool?
2.Cowok yang humoris?
3.Cowok yang ceria?
4.Cowok yang pendiam?


Dan apakah hubungannya cowok itu dengan lawan bicaranya??

1.Pacarnya orang yang diajak bicara??
2.Orang yang lagi pe-de-ka-te?
3.Sahabat baiknya lawan bicara itu?
4.Karyawan yang lagi bicara dengan bosnya?
5.Atau sales yang lagi nawarin produknya??


Semua jawaban tergantung situasi dan tingkah laku seseorang kan??

Semua tergantung observasi lebih mendalam lagi kan??


Hahaha… itu baru satu pertanyaan yang sering dialami orang psikologi tentang menebak kepribadian seseorang… masi banyak lagi pertanyaan seputar psikologi yang lainnya.. dan tentunya sobat juga sebelumnya musti tau apa sebenarnya ilmu psikologi itu sendiri.. hehe


Simak terus yaa….^^
Jika sobat merasa artikel Membaca Kepribadian Orang Lain?? ini bermanfaat, silahkan Copas artikel ini, tetapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya seperti ini : Source:http://alvinarea.blogspot.com/2011/07/membaca-kepribadian-orang-lain_03.html.Saya lebih berterimakasih lagi jika sobat mau mencantumkan link hidup seperti ini : Source: http://alvinarea.blogspot.com/2011/07/membaca-kepribadian-orang-lain_03.html.Mohon dimengerti agar maraknya copas tanpa link sumber mereda, terima kasih.

Artikel Menarik Lain!

0 komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan berkomentar apa saja yang terkait pada artikel ini. Terima Kasih.